Sabtu, 03 Desember 2011

Pernah ga ngerasa dizalimin sama orang ?
Atau pernah lo nangis seminggu dan kacau selama berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun hanya karena satu kata yang diucapin oleh orang lain ?
Kalo lo pernah ngalaminnya, sama, gue juga.


Meski gue rasa hampir semua orang pernah ngalaminnya, tapi gue masih harus tetep nulis ini.
Tujuannya ?
Jelas, supaya kita merasakan satu kata akhir yang akan melegakan dan melapangkan hati kita.
"IKHLAS"

Gue lupa berapa kali hidup gue serasa hancur banget cuma karena ucapan yang bener-bener nyakitin dari orang lain.
Ini bukan karena gue bodoh dan gampang lupa, tapi karena kejadian-kejadian itu udah gue buang jauh-jauh. Dan sebelum gue buang, gue hancurin dulu sehancur-hancurnya. Makanya udah ga keinget lagi.

Tapi jujur, ada satu hal yang bener-bener buat hidup gue hancur.
Sesuatu yang kalo gue inget bisa buat gue takut, malu, dan bener-bener berantakan.
Satu kata. Cuma satu kata dari seseorang yang bener-bener buat gue sakit.
Sakit sesakit sakitnya.
Bener-bener sakit.

dan itu sampe sekarang.
masih sampe gue nulis disini, dan semoga menghilang di akhir tulisan ini.
Aammiin.

Kejadian itu sebenernya waktu gue SMA.
Tapi orang itu ngomong ke gue waktu gue awal masuk kuliah.
Udah lama emang.
Udah hampir 5 bulan yang lalu.
Dan jujur, rasa sakitnya masih, sampe sekarang.
Dan orang-orang yang berhubungan dengan dia pun semakin ngorek-ngorek luka gue.

Jujur gue bener-bener trauma dan sakit.
Setiap denger nama dia, gue takut.
Gue malu, takut, dan benci.
Gue benci, dendam, dan pengen ngehancurin dia sehancur-hancurnya.
Gue bener-bener pengen dia ngerasa apa yang gue rasa.
Gue pengen hidupnya hancur.
Rasa sakit yang gue rasa, air mata yang udah banyak banget gue keluarin buat dia, rasa benci yang bener-bener benci, rasa takut, rasa diinjak-injak, tubuh gue yang langsung down dan langsung jatuh sakit.

In brief, gue bener-bener menderita karena orang itu.
Karena kata-katanya.

...

Gue jadi inget buku yang bener-bener luar biasa indah.
Judulnya "Satu Tiket ke Surga"

Disana ditulis kalo lidah itu tajem.
Kata-kata yang keluar dari mulut kita itu ga bisa ditarik lagi.
GA BISA DITARIK LAGI !
TIDAK AKAN PERNAH BISA !!


Ucapan itu ibarat lo mecahin telur.
Apabila telur itu pecah, apapun, inget APAPUN yang lo lakuin ga akan pernah bisa masukkin telur itu ke cangkangnya lagi seperti sedia kala.

Kayak gitu juga ucapan.
Kalo lo ngomong ke orang, apapun yang lo lakuin, ga bakal pernah bisa ngerubah apa yang uda lo omongin.
Ga ada undo !
Ga ada back !
Ga ada history !
Lo cuma bakal terus melaju.

Ga ada pengulangan !


Kata-kata lo udah didenger, UDAH DIDENGER !
Apa pun yang lo lakuin, tuh kata-kata ga bakal pernah bisa balik lagi ke mulut lo.
Lo ga bakal bisa nelen tu kata-kata lagi.
Ga bakal bisa.
Dan sekali kata-kata itu nyakitin hati orang, hati orang itu bakal sakit, dan lo harus bertanggung jawab.
Sakit. Lo tahu, bukan badan yang sakit, bukan tubuh, tapi HATI !
Dan itu lebih parah dari HIV/AIDS !!!!

...


Dari kejadian-kejadian yang gue alami.
Gue sadar kalo ucapan itu harus bener-bener dijaga.

Apapun yang keluar dari mulut kita harus bener-bener disaring pake saringan semut.
Halus. Harus halus sehalus halusnya.

Karena kalo hati orang udah sakit, bakal susah banget nyembuhinnya.
Karena butuh waktu dan kebesaran jiwa.
Memaafkan itu ga gampang, tapi dengan memaafkan hati kita bakal tenang.

Hanya orang-orang yang berjiwa besar yang bisa memaafkan.

Gue jadi inget temen gue, Yuniasih Restu Putri.
Dia pernah bilang kalo dia pengen jadi orang yang berjiwa besar, makanya dia memaafkan.
Dia mau jadi orang yang berjiwa besar.

"Gue ga mau jadi orang yang berjiwa kecil. Gue mau memaafkan dan menjadi orang yang berjiwa besar."
Itu yang gue inget.

......

Tapi masih..
Rasa sakitnya masih..


Inget ALLAH, PUTRI NURIL KOMARI BADRI !!!

ALLAH...
Maafkan hambaa...


........

Setelah gue pikir lagi, kalo dia (orang yang gue ceritain paling palinnnnngg pertama tadi) bisa ngucapin kata-kata yang begitu nyakitin hati gue, gue harus intropeksi diri dulu..

karena ada dua kemungkinan:
1. Allah swt mau mengingatkan kita akan kesalahan kita.
2. Allah swt ingin memberikan cobaan

karena di Allah sw pernah berfirman:
"bagaimana Aku bisa mengetahui kamu beriman sedangkan belum datang suatu cobaan kepadamu"

kalo ga salah gitu bunyinya.
Untuk lebih validnya coba dicari dan dilihat di Al-Quran ya :)


Melihat kemungkinan yang pertama, gue sadar, gue banyak melakukan kesalahan.
Waktu SMA, gue tu kasar banget.
Kalo ngomong juga pake saringan gajah.
Pokoknya ga banget lah.
Mungkin udah ga kehitung berapa banyak hati yang gue sakitin karena diri gue.

Gue benci diri gue sendiri.
Gue selalu pengen jadi orang baik, TAPI CUMA NIAT, TIDAK DIAPLIKASIKAN !!
ASTAGHFIRULLAH....

Sekarang gue sadar apa yang Allah pengen gue renungkan atas kejadian ini..


.......

Seperti yang gue jabarkan sebelumnya, hanya orang yang berjiwa besar yang mampu memaafkan.

Dan hal pertama yang lo harus lakuin kalo lo mau jadi orang yang BERJIWA besar adalah


MEMAAFKAN DIRI SENDIRI !!!!!


Lo harus mampu memaafkan diri lo sendiri.
Karena pada hakikatnya, diri sendirilah yang paling mengetahui diri sendiri.
Jadi, dari lubuk hati lo yang paling dalam, lo tahu apa yang salah dari diri lo.


Saran dari gue, cobalah memaafkan diri sendiri dan berjanjilah untuk menjadi lebih baik lagi.

Maafkanlah dirimu dan berusahalah untuk menjadi lebih baik lagi.
CINTAILAH DIRIMU DENGAN MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK LAGI !!




Hal yang paling sulit dilakukan adalah memaafkan diri sendiri.
Tapi, SULIT BUKAN BERARTI GA BISA !!!


Maafkanlah dirimu, Putri Nuril....

ALLAH SWT, maafkanlah hamba...
Dan apakah boleh hamba memaakan diri hamba yang telah banyak berbuat salah ?
Allah, hamba berjanji hamba akan menjadi orang yang baik.
Yang lebih baik lagi, yang terbaik yang bisa hamba lakukan...


AKU MEMAAFKAN DIRIKU !
AKU MENYADARI KESALAHANKU DAN TIDAK AKAN BERUSAHA UNTUK MEMBELA DIRIKU !
AKU TAHU AKU SALAH DAN AKAN MENJADI LEBIH BAIK !


ALLAH MAAFKAN HAMBA...




Dan untuk orang yang sudah nyakitin gue,,
gue ikhlas :)
Terima kasih untuk kata-kata tajammu.
Dengan setulus hati, aku memaafkanmu.
Maaf dan terima kasih :)

dan semoga, untuk siapa pun yang membaca ini,
"saya yakin kalian adalah orang yang mampu untuk berjiwa besar"

"MAKA BESARKANLAH JIWAMU"




with   love,





ULIL :)

putrinuril . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates