Senin, 17 Juni 2013

Yuhuuuu pembacah blog kuh yang setiah, bertemu lagi dengan tulisan sayah yang ga jelas dan gejeh abish. (Bagaimana kalo kita hentikan kealayan ini ?)
Well, hari ini adalah hari yang biasa aja. Dihabiskan dengan makan siang bersama Gina Azriana, teman seangkatan saya di HI Unpad, mencuci baju dan piring, serta berlulur ria. Meski terlihat seperti hari minggu, sebenarnya hari ini adalah hari senin. Hari senin yang biasanya super sibuk, dikarenakan UAS yang diundur menjadi hari rabu, maka saya tidak belajar sama sekali dan hanya mengendap di rumah. Padahal, besok ada UAS Statistika Sosial. Tapi permisah, saya memang terbiasa untuk belajar pada subuh, sekitar jam 3an. So, what is the topic of this writing ? Well, kali ini gue mau nulis tentang kehidupan gue yang mulai hilang arah.

Kehidupan gue hilang arah. Gue juga kurang jelas alasannya, tapi mungkin hal ini dikarenakan idealisme gue yang mulai berubah. Gue inget banget, dari SD sampe awal-awal gue kuliah, cita-cita gue adalah menegakkan keadilan dan menghapuskan korupsi yang merajalela khususnya di Indonesia. Dari kecil gue udah muak banget dengan yang namanya ketidakadilan. Tapi sekarang idealisme gue mulai goyah. Gue mulai 'memaklumi' hal-hal yang dulu sangat gue tentang keras. Apa yang gue maklumi ? Banyak. Banyak banget. Ga bisa gue sebutin satu-satu, tapi gue bener-bener udah berubah, dan sayangnya ke arah yang lebih buruk.

Gue yang dulu, meski bukan orang baik, selalu berusaha untuk menjadi orang baik. Gue selalu berusaha. Meski dalem usaha gue banyak banget halangan dan rintangan yang menghadang. Gue yang sekarang memandang gue yang dulu adalah orang yang baik. Gimana ngga, gue yang dulu adalah anak ingusan yang berusaha untuk berbuat baik dengan orang lain. Ga peduli seberapa capeknya gue yang sekolah dan langsung les sampe balik ke rumah sore banget, kalo ada ibu-ibu di bus yang ga dapet tempat duduk, gue pasti langsung milih berdiri dan ngasih tempat duduk gue ke ibu itu, ga peduli seberapa capek dan beratnya tas gue, ga peduli seberapa ramenya bus itu sampe gue sendiri rasanya limbung banget. Tapi sayangnya itu gue yang dulu. Gue yang sekarang ? Bahkan dalem Damri yang jelas-jelas ber-AC dan gunain jalan tol pun, gue masih tetep tidur di bangku gue tanpa peduli meski liat ibu-ibu yang harus berdiri.

Ya. Gue emang udah berubah. Dari Ulil yang selalu bilang pengen jadi orang baik, jadi Ulil yang ga pengen jadi orang baik. Dari Ulil yang prinsip hidupnya peduli dengan orang lain, jadi Ulil yang cuma peduli dengan diri sendiri dan ga peduli dengan orang lain. Dan itu yang ngebuat hidup gue bener-bener kacau sekarang. Rasanya kayak ga ada lagi yang harus gue kejer. Rasanya cuma diri gue sendiri yang penting dan ini ngebuat gue bener-bener mati.

Gue ga bermaksud lebai. Mungkin emang dari dasarnya diri gue yang lebai, tapi gue ga bermaksud melebih-lebihkan hal ini. Tapi, gue emang udah berubah. Gue ga peduli dengan jadi orang baik. Sebenernya udah ga ada lagi yang gue peduliin. Gue juga ga tahu kenapa. Gue ga tahu. Tapi mungkin juga gue tahu. Hah ! Gue tahu!

Ini dimulai dari perkuliahan gue. Well, gue ngerasa kalo kuliah gue bener-bener ada yang salah. Dosen yang cuma masuk dua kali dalam satu semester. Apa kalian berpikir bahwa ga ada yang salah dari itu ? Dosen yang ngasih nilai super random. Keadaan ini ngebuat gue bener-bener down dan berpikir buat apa belajar? Toh ga dihargain. Ini juga yang ngebuat gue tambah down, karena gue ga melakukan apa pun untuk merubah keadaan ini. Gue terlalu malas, terlalu tidak peduli, dan terlalu pengecut untuk mengubah keadaan. Toh gue tetep absen kalo dosennya ga masuk. Hal ini gue lakuin karena kepengecutan gue yang ga mau kena masalah dari dosen kalo cuma gue sendiri mahasiswa yang ga absen.

Bukan cuma masalah dosen, organisasi pun gue bermasalah. Keuangan organisasi yang gue ikutin kebanyakan dibuat-buat. Gue hancur sendiri karena ini. Gue yang paling benci dengan yang namanya korupsi malah jadi bagian dari koruptor itu sendiri. Ga itu aja, demo yang gue lakuin bukan buat rakyat. Apanya yang   buat rakyat kalo ternyata gue sendiri tidak mengkaji secara mendalam mengenai kenaikan BBM dan sibuk turun ke jalan menentang tanpa ada alasan yang jelas dan pada akhirnya hanya dijadikan bidak oleh kelompok kepentingan tertentu. Gue sakit dengan organisasi keagamaan yang merasa bahwa dirinya paling baik dan akhirnya malah ngebuat orang lain jadi 'males' dengan agamanya sendiri. Gue capek. Gue capek karena lingkungan gue berubah drastis dan justru gue terbawa arus.

Gue capek karena gue baru tahu sedikit. Gue kesel karena gue lemah. Gue benci karena gue tahu gue bodoh dan ga bisa berbuat apa-apa. Dan ini malah ngubah gue ke arah keapatisan. Lo bego lil. Lo bener-bener bego!

Gue tahu, kalo seberapa pun kecapekan yang gue rasain sekarang seharusnya ngemacu gue ke arah yang lebih baik. Tapi, setiap kali gue berusaha untuk bangkit dan mencoba, gue selalu gagal. Gue mau ikut AMINEF, administrasinya aja gue ga lulus. Gue ikut ajou, gagal 2 kali di tahap  terakhir. Gue ikut beasiswa Djarum, bahkan psikotesnya aja gue ga lulus. (HAH! Gue yang selalu nentang keras rokok malah ikut beasiswa rokok! ha ha). Gue dipenuhi kegagalan. Bahkan bisnis yang gue mulai sekarang dengan temen gue, malah jalan ditempat (tapi gue ga bakal nyerah tentang ini).

Ya. Gue emang udah berubah jadi apatis. Jadi Ulil yang ga pengen jadi orang baik dan Ulil yang ga peduli. Ga ada yang salah. Tapi gue sekarang mau berubah lagi. Gue mau jadi Ulil yang kayak dulu, yang berusaha baik dan peduli, tapi gue tetep mau jadi Ulil yang sekarang, yang ga pengen jadi orang baik kalo baik berarti melenceng dari kebenaran (Inget yang benar yang penting, benar mutlak, baik relatif), dan ga mau peduli kalo memang itu justru menjerumuskan. Dan tentunya, gue mau jadi Ulil yang ga mudah nyerah, yang terus nyoba, yang berusaha sebaik mungkin, Ulil yang punya cita-cita tinggi, dan yang terpenting, gue mau jadi hamba ALLAH SWT yang melakukan perintahnya dan menjauhi larangannya.
Semoga gue bisa. Aamiiin.

1 komentar:

putrinuril . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates