Minggu, 05 Juni 2016

“IT IS SCARY HOW PEOPLE THINK THEY ARE NOT GOOT ENOUGH” –He, who I forget the name but not his spirit-
Menakutkan bagaimana orang berpikir bahwa mereka tidak cukup baik, bahwa mereka bukanlah seorang yang berharga. Disaat segala hal yang ada pada diri mereka adalah berharga. Sejenak. Mari sejenak saja mensyukuri hal-hal yang kita miliki, mulai dari hal yang sangat kecil, jari yang kita miliki, atau mungkin hal yang lebih kecil lagi, perut yang terasa panas karena habis memakan makanan pedas.
Saya baru sadar bahwa saya yang selama ini berpikir bahwa saya memiliki pemikiran yang terbuka ternyata hanya tinggal di dalam tempurung. Tempurung gelap mengerikan yang menekan otak saya hingga berdenyut, memikirkan segala kemungkinan terburuk di dalam hidup, melupakan mimpi dan berpikir bahwa saya seorang yang realistis ! Tapi tidak ! Saya hanya seorang yang terlalu lama hidup di dalam gua dan sama sekali tak berkenan untuk menoleh ke belakang, ke arah sinar yang terang benderang !
Saya merasa bahwa hidup saya begitu sempit. Bahwa Tuhan telah menelantarkan saya. Saya dilupakan dan keberuntungan sama sekali tidak berpihak kepada saya disaat yang saya lakukan adalah memunggungi keluasan, melupakan dunia luas, meninggalkan keberuntungan sendiri hanya untuk kegelapan yang menjadi zona nyaman saya !
Saya dipenuhi rasa takut tidak bekerja dan menjadi pengangguran. Dipenuhi rasa khawatir malu dengan orang lain di saat orang lain bahkan tidak akan memikirkan saya selama satu jam. Bayangkan satu jam penuh pun tidak dan saya terus-menerus memikirkannya selama hampir 23 tahun kehidupan saya ! Dan akhirnya mata saya terbukan.
Apa yang saya minderkan di saat semua manusia memikirkan dirinya sendiri. Bukankah hidup ini adalah masalah bagaimana kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Anti, seorang wanita energik yang saya temui sore ini menyadarkan saya. Digerakkan oleh diri yang menganggap bahwa saya merupakan orang supel, saya menegur beliau karena saya ingin membuat beliau mudah bergaul di kosan. Ya, saya berkipir bahwa Anti merupakan anak kos baru. Dan pertanyaan saya dimulai dengan jaket LPDP yang digunakannya.
“Mba ikut LPDP ya ?”
Iya menjawab iya. Beliau akan ke Inggris September ini ! BAYANGKAN ! SEKARANG SAYA BARU TERINGAT MIMPI-MIMPI SAYA. UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI. DI EROPA.
Dan mata saya mulai terbukakan. SAYA MASIH MUDA ! BAGAIMANA BISA SAYA TAKUT AKAN UMUR SAYA ! BAGAIMANA BISA SAYA TAKUT DENGAN WAKTU ! BAGAIMANA BISA SAYA MENAKUTI BANYAK HAL YANG TIDAK PERLU SAYA TAKUTI !!
Kesempatan masih terbuka sangat lebar adalah hal yang baru saya sadari ! Saya Agustus ini baru masuk 23 tahun, dan kehidupan saya tidak berhenti disini. Saya masih bisa berusaha untuk meraih mimpi saya ! Saya ingin melanjutkan studi di Eropa, belajar bahasa Perancis dan kuliah disana. Saya ingin belajar. Bahkan bila saya berusia 40 tahun pun, saya masih memiliki kesempatan.

Jadi sekarang, saya ingin membukakan mata saya lebar-lebar, menyadari segala hal positif. Dan berusaha untuk menebalkan hati dan pikiran saya terhadap hal-hal negatif ! Saat ini, itu yang harus saya lakukan untuk hati dan otak yang sudah dibiasakan takut. Ayo berani ! Dan kejar mimpi kita ! Kalau saya gagal, maka itu bukan akhir. Saya akan bangkit dan mengejarnya lagi!

putrinuril . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates