Kamis, 21 Juni 2012



tau film atau komik death note ?
tau dong pastinya ya.

Death Note ditulis oleh Tsugumi Ohba. menurut gue si tusugumi itu hebat banget bisa nulis komik sekeren death note. death note adalah komik/film yang menceritakan mengenai buku kematian milik dewa kematian (Shinigami).

ceritanya sih gini.

salah satu shinigami tanpa sengaja (atau sebenernya sengaja karena dia lagi bosen) menjatuhkan death note nya. siapa pun orang yang menemukan death note, maka buku kematian itu akan dimiliki oleh orang tersebut hingga mati. dan disinilah semua cerita berawal. death note yang jatuh ke dunia manusia itu ga sengaja ditemukan oleh Light Yagami, anak seorang kepala polisi dan juga siswa terpandai di sekolahnya (kalo di komik sih dia masih SMA tapi kalo di film udah kuliah di fakultas hukum). Light Yagami ini, karena ia terbiasa dididik untuk membela keadilan, ia begitu terobsesi untuk menghilangkan kejahatan di muka bumi, membuat dunia baru lah istilahnya.


Nah, bagai durian runtuh nih, si Light menemukan death note. kata Ryuk si dewa kematian, siapa yang menemukan death note maka hidupnya akan sengsara karena selalu diikuti dan bisa ngeliat dewa kematian. tapi berbeda dengan si Light, bagi Light menemukan death note merupakan keberuntungan yang luar biasa besar. Light adalah orang yang tidak percaya dengan hukum (gue juga), jadi dia berpikir untuk menghapus seluruh kejahatan dengan membunuh seluruh penjahat.

nah, dimulailah pembataian yang dilakukan oleh si light terhadap para penjahat. cara ngebunuh orang pake death note itu gampang, jadi tinggal inget muka orang yang ingin dibunuh dan tulisin namanya di death note mati deh dia. dan juga, pemegang death note bisa menentukan kapan dan gimana matinya, kalo ga ditentuin maka orang yang telah ditulis namanya di death note itu bakalan mati kena serangan jantung dalam beberapa menit. disini, si light menyebarkan kepada masyarakat bahwa yang ngebuat penjahat terbunuh itu adalah si kira.


lagi asik-asiknya sih light ngebunuh tuh para penjahat, ternyata ga sedikit juga yang menentang pembunuhan masal ini. terutama polisi dan fbi. oh iya, jadi ceritanya nih si Light itu ngebunuh seluruh penjahat di dunia, bukan cuma di jepang aja. dan disini konflik-konflik seru dimulai. L adalah detektif yang ditugaskan untuk menuntaskan kasus kira ini.


cerita selanjutnya adalah konflik-konflik seru yang terjadi antara Light dan L.



sebenernya daritadi gue bukannya pengen buat sinopsis death note, gue cuma pengen menganalisis komik/film ini. jujur menurut gue ide pembuatan cerita ini brilian banget. banget banget malah.


gue termasuk salah satu orang yang berpikiran sama kayak si Light. gue ga percaya hukum. menurut gue, hukum itu cuma buat ngelindungi orang-orang kuat dari kebuasan orang-orang lemah. coba lo bayangin bro, nenek-nenek nyolong sendal sampe harus dipenjara, sedangkan koruptor bejat bisa melancong ke luar ngeri ! ah, andai aku gayus tambunan~~~


well, mungkin banyak yang berpikir bahwa si Light itu kejem, toh akhirnya dia juga bunuh banyak orang ga bersalah ? mungkin itu yang akan kalian katakan ke gue. tapi lo coba mikir, semua orang itu pasti struggle for survival lah, secara dia lagi terancam banget, wajar menurut gue.


seain itu, apa yang telah dilakukan Light udah nurunin tingkat kejahatan sebesar 70%. semua orang jadi berpikir dua kali buat melakukan tindak kejahatan. at least, orang baik akan dengan tenang melangkah. sedangkan orang jahat, oh come on, who cares ?


tapi ya, ibarat koin yang punya dua sisi, perbuatan yang dilakukan kira pun demikian bro. ga bisa dipungkiri bahwa apa yang dilakukan Light itu little bit scary. biar gimana pun, yang namanya manusia punya kekuatan yang segitu gede, ya nantinya akan menimbulkan suatu keegoan tersendiri. dan yang paling menakutkan adalah terciptanya pemerintahan yang tirany. kalo udah gitu, maybe pas sih Light yang memerintah bakal aman, tapi buat selanjutnya who knows ?
selain itu, apa yang dilakukan light itu udah main hakim sendiri. takutnya nih, ternyata dia cuma dituduh eh udah mati aja oleh sih Light.


over all sih, mustahil ada yang namanya death note. yang ada juga santet. dan kalo lo ngelakuin santet, ya urusannya sama Yang Dia Atas. tapi jujur, menurut gue film death note itu harusnya menampar keras wajah kepolisian di belahan dunia mana pun. menampar keras pemerintah dan menampar keras wajah kita semua. hukum jangan ampe cuma berfungsi melindungi orang-orang yang beruang.


orang miskin maling buat makan, apa itu kesalahan mereka ?
mereka cuma pengen mempertahankan kehidupan mereka buat ga mati bro.
well, sebenernya gue juga ga pengen kemalingan sih, tapi maksud tulisan gue kali ini marilah kita bersama-sama saling mengingatkan agar hukum ditegakkan seadil-adilnya. adil dalam porsi dan takarannya. keadilan emang ga bisa dipastiin, tapi semua orang bisa merasakan keadilan itu yang seperti apa. So, berbuat adil lah :D



putrinuril . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates